Biar makin kenal nih, mari mengenal apa itu Dessert,


A. Pengertian Dessert


                    Dessert ialah sajian yang disajikan diakhir courses dalam sebuah set menu yang gunanya guna menghilangkan kesan rasa hidangan yang mula-mula dan memblokir babak penyajian makanan. Sajian dessert sering disebut The final course atau The last course dan berasa manis atau dinamakan sweet Hidangan penutup (dessert) ialah hidangan yang disajikan sesudah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa dinamakan dengan istilah pencuci mulut. Dessert seringkali mempunyai rasa manis dan menyegarkan, terkadang terdapat yang berasa asin atau kombinasinya. Fungsi dessert dalam giliran hidangan (courses) ialah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah mencicipi hidangan utama (main course) yang terkadang mempunyai wewangian atau rasa yang amis serta menghilangkan rasa enak. Pada tadinya hidangan dessert yang disajikan berupa buah-buahan yang segar tanpa proses pengolahan.

                    Seiring dengan pertumbuhan zaman, hidangan dessert mulai bervariasi dengan memungut dasar (basic) dari sejumlah hidangan laksana cake, pie, ice cream dan sebagainya yang dipadukan dengan sauce, buah, syrup, cream atau perpaduan antara bahan dasar, sehingga membuat hidangan dessert yang lezat dan menarik. Jenis hidangan yang dipakai sebagai dessert bisa dihidangkan secara tersendiri diluar dari rangkaian menu. Seperti guna hidangan rekan tea, sebagai snack, petit four, hantaran, dan beda sebagainya.

B. Bahan-Bahan Bagi Sajian Dessert


                    Bahan pokok Bahan pokok yang dipakai macamnya antara lain: tepung, beras, havermouth, cereals, agar-agar, gelatin, roti, biscuit, buah. Bahan tersebut bermanfaat sebagai bahan pengental,
Bahan cair Cairan yang dipakai tidak melulu air namun dapat pula susu, youghurt, sari buah.
Bahan perasa Bahan perasa yang digunakan ialah gula, coklat, jam, caramel
                    Bahan pengisi Bahan isian bisa berupa bahan makanan segar yakni buah segar, kenari atau bahan makanan yang telah diawetkan laksana kismis, sukade, buah dalam sirup, jam, marmalade.
                    Bahan pengharum Bahan makanan yang dapat dipakai sebagai bahan pemberi wewangian atau bahan pengharum yakni vanili, kulit jeruk, rhum, brandy, essence.
                    Bahan perapuh Bahan ini dipakai sebagai perbaikan kualitas hasil akhir sajian, misal putih telur sebgai bahan perapuh sajian fritter.
Bahan penghias Bagi menambah pesona diberi sentuhan akhir berupa garnish. Garnish pada sajian dessert bisa berupa whipped cream, cherry, gula halus.

C. Jenis-Jenis Sajian Dessert


1. Buah (fruits) Buah bisa digolongkan menjadi 3 golongan, yaitu:

(a). Jenis buah yang berisi air. Jenis buah ini berisi 50% air, kaya vitamin C dan mineral, contoh: jeruk, pear, nanas, apel, peach, mangga dan stawberry .

(b). Buah yang berisi gula Buah-buahan ini adalahsumber tenaga yang baik, sebab kalorinya menjangkau 200-300 per 100 gram , contoh kurma.

(c). Buah yang berisi lemak Jenis buah ini berisi lemak yang tinggi, tidak sedikit berisi vitamin B dan Calsium, contoh: jenis kacang-kacangan, walnut, hazelnut, almond.

2. Jenis-Jenis Sajian Buah-Buahan Sebagai Sajian Dessert bisa berupa :

(a). Fresh Fruit (Plain Fruit)

                    Sajian buah segar yang dikonsumsi dalam format utuh atau potongan. Fresh fruit bisa disajikan secara single/individu, buah utuh (bentuk utuh) warna, ukurannya sesuai untuk porsi perorangan (apel, pear, pisang) Fresh fruit bisa disajikan secara pilihan/ assorted disajikan sejumlah buah dalam format potongan (buah tropis), kombinasi warna butuh diperhatikan.

(b). Processed Fruit

                    Compote adalahcampuran sekian banyak  macam buah dalam format utuh atau potongan yang dimasak dalam sirup gula, dapat diperbanyak dengan rempah-rempah (cengkeh, kayu manis) sampai-sampai menghasilkan sesuatu yang baru namun padu. Buah yang dipakai buah yang bertekstur empuk untuk mempersingkat masa-masa pemasakan. Buah berisi pigmen, berisi vitamin yang larut dalam air, masa-masa pemasakan dibuka dari buah yang warnanya muda/pemasakannya sendiri-sendiri supaya warna buah tetap.
                    Punch ialah minuman yang diciptakan dari gabungan the, buah, gula, rempah-rempah dan rhum atau brandy atau gabungan rhum dengan gula sirup yang diproses, disajikan dingin atau panas.
Sorbet adalahsejenis minuman berbentuk es yang butirannya lebih lembut daripada ice cream, yang tercipta dari sari buah atau puree, buah yang dipakai bauah yang bertexture empuk (melon, manggis) anggur, spirit atau liquer, format kekerasan butiran esnya laksana es puter.Sorbet dihidangkan dalam parvait glass atau sundae dingin atau goblet glass, kismis, dan kacang-kacangan bisa dicampurkan sebelum sorbet disajikan.

3. Puding

(a). Pengertian

                    Pudding ialah hidangan yang berasa manis atau gurih yang dipersiapkan dengan kiat direbus, au bain marie atau baking lantas dicetak dan bisa disajikan dalam suasana panas atau dingin.

(b) Bahan-Bahan Pudding :

                    Terdiri dari bahan pokok, bahan cair, bahan perasa, bahan pengisi, bahan wewangian dan bahan penghias.

(c) Jenis-jenis pudding

                    Berdasarkan temperature penyajiannya , maka pudding dapat dipisahkan menjadi dua, yaitu:
1.       Puding panas yakni Pudding yang disajikan dalam suasana hangat yang seringkali dimasak dengan teknik ditim(double boiling) kombinasi baking guna menghasilkan pudding yang basah(lembut)/dikukus, disajikan bareng saus. Contoh pudding panas
2.       Puding dingin yakni pudding yang disajikan dalam suasana dingin dan seringkali dimasak dengan teknik direbus (boiling) namun konsistensinya sesudah pemasakan masih agak kental, lantas dicetak dalam cetakan bermotif hingga pudding padat. Dimasukkan almari pendingin sebelum disajikan.

(d) Teknik Pemasakan Pudding

1.             Direbus (simmering)

2.             Ditim (double boiling)

3.             Dikukus (steaming)

4.             Dibakar (baking)

4. Frozen Ices

a. Pengertian

                    Frozen ices adalah sajian yang berasa manis dalam format es beku. Jenis sajian bisa berupa water ices dan cream ices. Water ices diciptakan dari bahan dasar sirup buah dan bahan perasa lainnya. Contoh granite. Cream ices adalahsajian es beku yang diciptakan dari es beku yang diciptakan dari susuatau kepala susu atau whipping cream dan gula yang dikentalkan dengan custard atau kuning telur dan diberi wewangian yang bisa berupa puree atau sari buah, coklat, kopi, liquer atau essence.

b. Bahan-Bahan Cream Ices

Cream adalah bahan yang dipakai untuk penciptaan ices cream, yang digunakan ialah double cream.
Gula castor adalah bahan pemanis yang sering dipakai dalam penciptaan cream ices, biasa dipakai dalam format sirup gula. Untuk menemukan cream ices yang lembut bisa ditambahkan gelatin tidak banyak cairan glucose.
Bahan pengental
Bahan pemberi wewangian harus bisa dibekukan
Penyajian cream ices Disajikan pada gelas berkaki (parviat glass atau sundae dish).

5. Savoury dan Sweets Savoury

Merupakan makanan kecil yang ingin berasa gurih dan disajikan pada giliran santap terakhir bahkan kadang-kadang dipakai sebagai pengganti dessert. Jenis-jenis savoury antara beda : souffl keju, tartalette isi (pie). Sweets tidak jarang disebut sebagai candy, yang bahan dasar utamanya ialah gula. Jenisnya sajian cake dan pastry.


Dessert Box Asli Malang Futti Dessert
Selamat Datang di Futti Dessert, kami menyuguhkan dessert dengan 2 basic Produk Keju dan Coklat.

Produk kami sudah dinikmati banyak orang dengan komentar yang positif. Silahkan Anda menemukan varian rasa kesukaan Anda, selamat berbelanja dan Terima Kasih.
Hubungi Kami di WA 085714421046







Comments