apa sih Appetizer, Maincourse, dan Dessert ?


• Appetizer

Hidangan Pembuka (Appetizer) ialah yang disajikan dengan porsi kecil, atau hidangan pembangkit selera makan/makanan pemula sebelum maincourse. Appetizer bermanfaat merangsang nafsu santap sebelum hidangan utama dinikmati.

Contoh makanan pembuka

1. Cold Appetizer

Yaitu hidangan pendahuluan yang disajikan secara dingin atau segar.
Contoh: Fruit salad, Vegetable salad, Coctail

2. Hot Appetizer

Yaitu hidangan pendahuluan yang melewati proses pemasakan, disajikan dalam suasana panas.
Contoh: Croquette, Risoles

• Main Course

Makanan utama (Maincourse) ialah hidangan pokok dari sebuah susunan menu menyeluruh yang dihidangkan pada masa-masa Lunch maupun Dinner, ukuran porsinya lebih banyak dari Appetizer.

Contoh Main Course
1. Lauk pauk hewani yang dihidangkan pada main course laksana daging, ikan, unggas, dan sea food yang diubah dengan bermacam-macam teknik dan menghidangkanya dengan saus dan besar porsinya berkisar 175gram s.d gram.
2. Sayur yang dihidangkan pada main course merupakan sayuran continental. Pada umumnya laksana buncis, bunga kol, lobak putih, brocoli, dan lainya dan besarnya ialah 75gram.
3. Kentang maupun penggantinya laksana macam-macam pasta yang dihidangkan dengan roti / roll yang besar porsinya 75gram. Bagi nasi kadang pun mengubah kentang dengan lauk-pauk yang sesuai.

• Dessert


Hidangan penutup (Dessert) ialah hidangan yang disajikan sesudah hidangan utama (Maincourse) sebagai hidangan penutup atau biasa dinamakan dengan istilah pencuci mulut. Sajian dessert sering disebut The final course atau The last course dan berasa manis atau dinamakan sweet.

Contoh Dessert

1. Hidangan Penutup Dingin (Cold Dessert)

Adalah dessert yang disajikan pada suhu dingin. Walaupun disajikan pada suhu dingin tidak menutup bisa jadi proses pengolahannya melewati proses pemanasan sebelum disajikan secara dingin, dengan memasukkan ke dalam almari pendingin. Penyajian dessert dalam suhu dingin mesti benar-benar disajikan pada suhu dingin tak terkecuali perangkat hidangnya. Contoh:Ice Cream, Pudding, Mousses, Fruit Pie, Cake dan beda sebagainya.

2. Hidangan Penutup Panas (Hot Dessert)

Adalah dessert yang disajikan pada temperatur panas atau hangat.S esuai dengan namanya hot dessert maka proses kesudahannya harus dipanaskan terlebih dahulu. Penyajian hot dessert mesti benar-benar panas atau hangat tergolong alat hidang yang dipergunakan mesti dipanaskan dahulu. Contoh:Banana Flambé, Apple Pie, Souffles.


Dessert Box Asli Malang Futti Dessert
Selamat Datang di Futti Dessert, kami menyuguhkan dessert dengan 2 basic Produk Keju dan Coklat.

Produk kami sudah dinikmati banyak orang dengan komentar yang positif. Silahkan Anda menemukan varian rasa kesukaan Anda, selamat berbelanja dan Terima Kasih.
Hubungi Kami di WA 085714421046







Comments